1. Pembelajaran

Prinsip – prinsip pembelajaran di SM Al Firdaus, yakni

  • Continuity of Learning

Pembelajaran di SM Al Firdaus adalah pembelajaran berkelanjutan dari mulai kelas VII sampai dengan kelas XII. Pembelajaran ini tidak terputus, meskipun ada fase keikutsertaan Ujian Nasinal dengan kelas IX. Sehingga target pembelajaran yang disusun menjadi satu kesatuan materi yang dipelajari oleh siswa kelas VII – X (empat tahun pembelajaran)

  • School and Teacher of Human

SM Al Firdaus adalah sekolah ramah anak. Siswa dengan segala kondisinya, akan mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan siswa tersebut. Guru sebagai fasilitator pembelajaran, benar-benar memberikan layanan, metode serta pendekatan yang sesuai dengan kondisi siswa.

  • The Best Process

Prinsip ”education for all” di SM Al Firdaus berefek bahwa tidak boleh menolak siswa dengan kondisi apapun, selama kita mampu memberikan pelayanan pada kebutuhannya. Input tidak hanya dilihat dari kemampuan kognitifnya saja, karena siswa nantinya mengikuti proses pembelajaran yang baik, hingga memperoleh pengalaman belajar yang menyeluruh (olah pikir, olah rasa, olah karsa, serta olah raga) yang menjadikan mereka generasi yang siap berperan sebagai ”khalifah fil ardh”.

  • Islamic Integrated

Pembelajaran di SMAF berbasis pada Islamic Core, yang terpadu dalam seluruh kegiatan pembelajaran dan pembiasaan. Istilah ”Not teaching about Islam, but teaching about being Moslem” diimplementasikan dalam keterpaduan nilai-nilai islam  dalam setiap pembelajaran.

 

  1. Struktur Kurikulum

Kurikulum di Sekolah Menengah Al Firdaus meliputi seluruh aspek kegiatan belajar mengajar pada hari Senin–Jumat, mulai pukul 07.00 – 15.30 WIB. Adapun struktur kurikulum yang dijalankan adalah sebagai berikut

 

A. Mata Pelajaran Dasar
1 Pendidikan Agama Islam (Aqidah Akhlaq, SPI, Fiqih, Qur’an Hadits)
2 Bahasa Arab
B. Mata Pelajaran Muatan Lokal dan Nasional
3 Matematika
4 Budaya Daerah dan Bahasa Jawa
5 Sains (Fisika, Kimia, Biologi)
6 Ilmu Sosial (Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi)
7 Pendjasorkes
8 PKn
9 Sejarah Indonesia
10 Bahasa Indonesia
11 Minat Matematika
12 Pendidikan Lingkungan Hidup
C. Mata Pelajaran Muatan Global
13 Bahasa Inggris
14 Bahasa Asing Pilihan (Mandarin, Perancis, Jerman)
15 Prakarya (Desain Grafis, Ketrampilan)
D. Pengembangan Potensi Diri
1 Pembiasaan
2 Ekstrakurikuler
a. Wajib : Kepanduan/Leadership
b. Pilihan
    Jurnalistik, Fotografi, Futsal, Basket, Atletik, Karate, Taekwondo, Teater, KIR

 

Keterangan:

  • Jumlah jam pelajaran adalah 45 jam pelajaran per pekan.
  • Pembiasaan adalah kegiatan siswa dalam upaya menginternalisasi nilai-nilai keislaman pada diri siswa sekaligus dalam pembentukan karakter. Misalnya: sholat dhuha, briefing Guru Asuh, tadarus, dll.