Seluruh unit layanan utama di bidang pendidikan di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus yakni TPP, SD, dan SM Al Firdaus memiliki prinsip penyelenggaraan pendidikan berikut ini:

  1. Education for All

Pendidikan diselenggarakan non diskriminatif, kesetaraan, inklusif dan berkeadilan. Sebagai sekolah inklusif, penerimaan peserta didik dilakukan tanpa seleksi  dan dilaksanakan tahap assesment untuk pemetaan kebutuhan layanan individual peserta didik. Seluruh unit pendidikan Al Firdaus terbuka pada  pemeluk agama lain untuk dapat  menjadi peserta didik Al Firdaus.

  1. Humanis

Pendidikan yang diselenggarakan menempatkan anak didik sebagai subyek pendidikan dan berpusat pada kebutuhan anak dalam pembelajaran. Prinsip ini diikuti dengan pelayanan pendidikan secara individual kepada masing-masing anak dengan guru sebagai fasilitator untuk mencapai aktualisasi diri peserta didik.

  1. Tiga Pilar Pendidikan Al Firdaus

Prinsip ini mengedepankan sinergitas antara orang tua, anak, dan sekolah untuk mencapai kesuksesan pembelajaran dan pendidikan siswa. Para orang tua dilibatkan dalam perkembangan pendidikan anak. Sehingga proses pendidikan yang dilakukan di sekolah juga diimbangi dengan proses pendidikan anak di rumah.

  1. Integrasi pendidikan Al Firdaus dari pendidikan usia dini hingga sekolah menengah

Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik antar unit pendidikan di lingkungan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus.

  1. Multiple Intellegence

Pendidikan diselenggarakan dengan mengoptimalkan setiap potensi  kecerdasan peserta didik

  1. Enterpreneurship

Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan nilai-nilai kemandirian, sikap-sikap prestatif, kreativitas dan kepemimpinan.

  1. Kepengasuhan

Pendidikan diselenggarakan dengan keteladanan, kepengasuhan/pembimbingan, keamanahan dan kreativitas dalam membangun kemauan dan mengembangkan potensi anak. Guru tidak sekadar transfer materi/ilmu akan tetapi dapat berperan seperti orang tua, teman, sahabat, kakak.

  1. Long Life Education

Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.

  1. Pendidikan Berbasis IT dan Bahasa

Pendidikan diselenggarakan dengan berbasis teknologi informasi dan penguasaan bahasa.

  1. Menyenangkan dan atraktif

Pendidikan diselenggarakan dengan pendekatan yang menantang, menginspirasi, memerdekakan dalam suasana yang menyenangkan.