1. Kurikulum Integrasi dan Pembelajaran Tematik

 

Kurikulum terintegrasi adalah sebuah pembelajaran terpadu, dimana memberi keleluasan pada siswa untuk menggali pengetahuan dalam berbagai materi yang terkait dengan aspek-aspek nyata yang ditemui di lingkungan sekitar mereka.

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pemilihan tema didasarkan pada hal-hal yang ditemui oleh siswa dalam kehidupan nyata, dimulai dari hal yang sederhana, kemudian berangsur-angsur ke hal yang lebih kompleks. Pembelajaran tematik ini menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi materi pelajaran sehingga akan terjadi penghematan, karena tumpah tindih materi dapat dihilangi maupun dihilangkan.

 

Adapun Karakteristik Pembelajaran Tematik anatara lain

  • Berpusat pada siswa
  • Memberikan pengalaman langsung
  • Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran
  • Bersifat fleksibel
  • Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
  • Menggunakan prinsip belajar dengan menyenangkan

 

  1. Sentra dan Moving Class

 

Moving   class   merupakan   sistem   pembelajaran   yang   bercirikan  peserta   didik   yang mendatangi guru/pendamping di kelas.   Dengan  moving class,  pada saat   mata pelajaran berganti maka   peserta didik  akan   berpindah  kelas menuju ruang  kelas lain  sesuai mata pelajaran yang dijadwalkan, jadi   peserta didik yang mendatangi guru/pendamping, bukan sebaliknya.  Sementara  para  guru,  dapat  menyiapkan  materi  pelajaran  terlebih  dahulu. Keunggulan  sistem  ini  adalah peserta  didik  memiliki waktu  untuk  bergerak,  sehingga selalu segar untuk  menerima pelajaran.

Dalam  sistem  moving class,  ruang kelas  didesain untuk   mata   pelajaran   tertentu.   Dengan   demikian,   ruang   kelas   difungsikan   seperti laboratorium. Dengan  moving class,   peserta didik akan belajar bervariasi dari satu kelas ke kelas lain sesuai dengan  mata pelajaran yang dipelajarinya.