Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Al Firdaus

Kompetensi tenaga pendidik SM Al Firdaus adalah sebagai berikut:

tenaga pendidik dan kependidikan Al Firdaus memiliki peran untuk pengoptimalan prinsip pendidikan Al Firdaus

  1. Kepengasuhan peserta didik
  2. Penguasaan teknologi informasi dan bahasa
  3. Penanganan anak berkebutuhan khusus
  4. Kompetensi paedagogik

Masing-masing tugas dan tanggung jawab tenaga pendidik dan kependidikan Al Firdaus memiliki peran untuk pengoptimalan prinsip pendidikan Al Firdaus. Peran dari setiap tenaga pendidik dan kependidikan tersebut adalah:

  1. Guru Asuh, bertanggung jawab untuk kepengasuhan pada sejumlah siswa hingga dinyatakan lulus untuk memantau perkembangan peserta didik secara terus menerus dan berkelanjutan dari bidang akademik dan non akademik.
  2. Guru Sentra adalah guru mata pelajaran yang dikelompokkan dalam sentra-sentra tertentu dalam pembelajaran peserta didik.
  3. Guru Pengembangan Potensi Diri merupakan guru yang mengampu mata pelajaran pengembangan potensi diri minat dan bakat peserta didik.
  4. Guru Pendamping Khusus (GPK) merupakan shadow teacher bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang memerlukan pendampingan dalam pembelajaran akademik maupun non akademik.
  5. Tenaga Kependidikan terdiri dari staf keuangan, administrasi keuangan, pustakawan, keamanan, tenaga dapur, tenaga kebersihan, tukang kebun, dan driver.