Sekolah Menengah (SM) Al Firdaus adalah unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus yang berdiri pada tahun 2005 dengan Surat Keputusan Yayasan No. 12 Tahun 2005 tentang Pendirian Sekolah Menengah Al Firdaus sebagai kelanjutan pendidikan sebelumnya (Taman Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Kelahiran Al Firdaus diprakarsai oleh Hj. Siti Aminah Abdullah yang merupakan pendiri PT Tiga Serangkai bersama putri beliau Hj. Eny Rahma Zaenah, S.E, MM. SM Al Firdaus didirikan di atas tanah seluas 1,1 hektar di Jl Al Kautsar di kawasan Pabelan, Kartasura, Sukoharjo yang berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Surakarta.

Berangkat dari tuntutan masyarakat akan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam yang bermutu baik, modern, dan profesional, SM Al Firdaus mengintegrasikan pendidikan di jenjang SMP dan SMA dalam manajemen pendidikan yang terpadu.  Konsep pendidikan inklusif berlandaskan “Education for All” atau pendidikan untuk semua di sekolah ini telah melahirkan generasi yang mempunyai kepedulian dan kebersamaan. Sekolah Menengah Al Firdaus menjalin kerja sama baik nasional maupun internasional sebagai langkah untuk menjawab tantangan global dengan mengemban misi budaya, alam dan bahasa (culture-nature-language) seperti dalam bentuk student exchange dengan sekolah Islam di Eropa.

Selain itu, dengan mengusung konsep “green school” atau sekolah hijau, lingkungan SM Al Firdaus yang cukup luas dengan penghijauan yang cukup teduh, sangat cocok untuk tempat belajar yang nyaman, teduh dan asri.